Always be grateful

Always be grateful
Just enjoy the path...

Dear YOU

Hello pals!

You come from everywhere...
Here are some stories of mine...
Puzzles that i keep searching through my life

Hope my writing will inspire you...
Make you figure out, when you're sad, there's someone worse than yours.
Make you realize that happiness is something you should share to others.

So, enjoy the pieces of mine ^^

Saturday, October 17, 2009

Sepenggal pembelajaran sehari semalam

Sabtu siang tepatnya tanggal 18 Jili 2009 aku berkumpul di himpunan bersama dengan teman-teman himpunan lainnya untuk mengiikuti diklat yang akan berlangsung hingga besok siang. Perasaanku saat itu sulit ditebak seperti apa. Aku tidak begitu gugup, tidak begitu tenang. Setibanya di sebuah vila di Istana Bunga dengan no. F-11 kami mulai melihat kamar yang akan ditempati selama semalam. Acara dimulai dengan ice-breaking yaitu games. ada yang namanya Zip Zap Flip Flop dan aku termasuk salah satu yang kalah. Kemudian dilanjutkan ke permaiinan yang kedua. Dari masing-masing permainan dicari lima orang yang kalah untuk menjalani hukuman meniiup balon hingga pecah. Balonku tidak berhasil pecah dan dipecahkan. Sebenarnya sebelum aku sudah pernah melakukan ini bukan untuk hukuman melainkan salah satu rangkaian acara dari seorang motivator. Selanjutnya ada istirahat dimana perut-perut mulai keroncongan sehingga ada sebagian yang jajan cuanki. Kami berkumpul kembali untuk makan malam dan selanjutnya dilanjutkan dengan presentasi dari tiap program. Hingga pertengahan kami kedarangan tamu yaiitu anggota -anggota himpunan periode sebelumnya. Mereka berbagi pengalaman dan menceritakan sedikit kisah yang mereka ukir di himpunan. Setelah sesi sharing tersebut, kami dbagi empat kelompok dengan warna masing-masing dan diturunkan di tengah jlalan untuk mencari potongan warna tersebut dan mengkuti petunjuk selanjutnya. Aku berada di kelompok ungu dan tiba kembali di vila paling cepat. Ternyata ada petunjuk-petunjuk kelompok lain yang kurang jelas sehingga ada diantara mereka yang tersasar. Akibatnya, mereka merasa kesal akan hal itu. Kemudian acara hari ini diakhiri dengan makna dari permainan terakhir.

Pagi yang sejuk membuat aku bersemangat. Acara dibuka dengan senam pagi bersama. Kemudian sarapan dan mandi, dilanjutkan presentasi yang kemarin sempat terhenti. Keseluruhan acara diklat ditutup dengan pesan-pesan dan evaluasi dari ketua dan wakil himpunan.

Hanya dalam satu hari satu malam aku merasakan aku banyak memetik pembelajaran.
Aku belajar untuk mendengarkan berbagai tipe orang yang berbicara. Apapun gaya mereka itulah karakter yang bisa kupelajari.
Aku belajar untuk mengamati perilaku masing-masing dari para temanku yang akan bergandengan tangan bersamaku menyongsong masa depan.
Aku belajar untuk beradaptasi dengan lingkungan yang benar-benar baru. Aku sadar aku bukan orang yang terlalu mudah untuk beradaptasi tapi setidaknya aku berusaha untuk beradaptasi meski mungkin masih kurang.
Aku belajar untuk membuka diri dan ikut dalam kehebohan-kehebohan yang diciptakan.
Aku belajar untuk mengerti kebiasaan-kebiasaan tiap orang.
Aku belajar untuk mengerti bahwa apapun program yang dipegang seseorang memiliki tingkat kesuilitan yang berbeda sehingga tidak bisa dibandingkan.
Aku belajar untuk mengerti bahwa ke depannya aku akan menghadapi kesulitan-kesulitan dan aku harus mampu mengatasinya.
Yang terpenting aku belajar untuk berbagi dan bekerja sama dengan terman-temanku.

Beberapa motivasi yang dapat aku petik juga.
KIta harus berjalan ke luar dari kotak.
Peraturan itu ibarat pasir. Oleh karena tidak dapat menggenggamnya terlalu keras ataupun tidak menggenggamnya.
Kita harus menjadi seseorang yang proaktif dan memiliki inisiatif sendiri.
Jika kita telah berusaha semaksimal mungkin kegagalan yang didapat takkan menjadi suatu masalah yang besar.
Kegagalan yang sebenarnya adalah di saat kita berhenti untuk berusaha.

Meski belum tentu orang-orang yang turut dalam diklat membaca ini namun aku tetap ingin berterimakasih. Aku menghanturkan sepatah kata terima kasih untuk seluruh temanku yang telah menyusun acara ini sedemikian rupa yang meski hanya singkat waktunya namun jika kita benar-benar menyelaminya banyak yang bisa kita ambil sebagai masukan.

Bukan hanya kenangan yang terukir namun pembelajaran juga ikut tergores.

Tak ada tujuan tertentu untuk menulis ini, tulisan ini hanyalah curahan hatiku yang menyukai dunia menulis.

Bandung, 19 Juli 2009

No comments:

Post a Comment