Always be grateful

Always be grateful
Just enjoy the path...

Dear YOU

Hello pals!

You come from everywhere...
Here are some stories of mine...
Puzzles that i keep searching through my life

Hope my writing will inspire you...
Make you figure out, when you're sad, there's someone worse than yours.
Make you realize that happiness is something you should share to others.

So, enjoy the pieces of mine ^^

Thursday, October 14, 2010

Mindfulness Day 10 Okt 2010

Hari ini merupakan hari dengan tanggal yang bagus bukan? 10.10.10. Banyak orang yang telah merencanakan banyak kegiatan dalam hari ini, pernikahan, pernyataan cinta, pergi bersama orang yang disayangi, dan sebagainya. Aku? Ingin melewati hari ini dengan kegiatan yang takkan kulupakan. Mindfulness Day! Hari penuh kesadaran yang akan dibawakan oleh 4 murid Master Thich Nhat Hanh. Acara ini diadakan di sebuah Villa Pinus Lembang. Tempat ini sangat mendukung, penuh kedamaian. Pemandangannya luar biasa menenangkan dan bagus sekali serta memiliki lapangan rumput yang lumayan luas dan bangunan yang dirancang unik. Acaranya dimulai pukul 9 pagi diawali dengan "walking meditation". Tahukah kamu perasaan saat kamu berjalan dalam kediaman dan menikmati tubuhmu merasakan angin sepoi-sepoi, merasakan matamu melihat sekeliling, alam yang begitu indah, merasakan kakimu menginjak rumput, batuan, dan jalan? Perasaan itu sungguh luar biasa, kamu benar-benar menikmati saat-saatmu sendiri, perhatian benar-benar fokus pada dirimu sendiri, bukan orang lain, bukan candaan orang lain, bukan curhatan orang lain. That time is yours! Selangkah demi selangkah akan kamu jalani dengan perasaan bahagia, bahkan aku berharap aku bisa terbang bersama dengan angin dan membawaku ke awan agar aku lebih bisa menikmati betapa indahnya alam ini dan betapa diriku tidak memperhatikannya.


Kemudian acara dilanjutkan dengan sesi sharing dari 4 murid Master TNH. Tak semuanya aku catat, hanya ada beberapa yang benar-benar menyentuh hatiku dan menurutku penting buat perubahan dalam diriku menjadi lebih baik. Setelah sesi sharing, kita melatih meditasi makan. Duduk makan di rumput ditemani dengan angin yang sepoi-sepoi dan mengunyah lama makanan yang masuk ke dalam mulutku. Sepertinya ini kali ini waktu makanku lebih dari 15 menit. Biasanya aku selalu cepat jalan, cepat makan, dan cepat segala hal. Hari ini at least saat ini aku lebih menikmati diriku sendiri. Setelah itu ada relaksasi berbaring di rumput. That's really wonderful!!! Seandainya aku bisa merasakan perasaan seperti ini setiap hari tak hanya hari ini. I will, one day. Need more practise..

Steps to Take Care of Anger:
1. Acknowledge and accept the seeds of anger
2. Let others know your anger ---> communication open
3. Ask others for help ---> menyentuh benih welas asih orang lain

Ketika kita memberitahu orang lain, bukankah itu menambah karma buruk kita? 
Ketika kita memberitahu dia bahwa dia telah menyentuh benih kemarahan kita, ini dimaksudkan agar tidak terulang lagi, orang lain lebih sensitif dan perhatian untuk tidak menyentuh benih kemarahan. Akan sangat baik untuk mengetahui kondisi apa saja yang menyebabkan kemarahan muncul. Ini adalah bentuk kerjasama yang baik, komunikasi lebih terbuka, dan tercipta keharmonisan.

True care and love to keep a relationship ---> keep your heart open

Eating practise :
1. Chew 30 times in mouth
2. See and stare the food before you eat it ---> thinking about the process of the food till it's in front of me
3. Eat in silence (inside&outside) 

Eating is the only one thing but impact part of daily life.

Relaksasi dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja. Hanya berfokus pada nafas masuk dan nafas keluar. Kadang, kita terlalu cepat dalam menjalani hidup kita sehari-hari. Makan dengan cepat, berjalan dengan cepat, bekerja dengan cepat. Itu bagus, tapi alangkah lebih baik jika diperlambat. Dengan begitu tubuhmu akan lebih tidak mudah lelah. Kecepatan yang terlalu membuat tubuhmu lelah dan kamu tidak bisa menikmati hari-harimu. 

Being slow help us to know about our body.
But we practise skilfully in our environment.

Laziness is very wonderful thing in our life.
1. Physical ---> take care about ourselves
2. Mental ---> day dream, our mind not clear, pikiran ke mana-kemana.

In order to clarify our mind, we need to exercise our body, it will help a better mind.
Look back into your daily life, reorganize! Practise mindfulness, the seeds of wisdom be cultivated and grow... 

Mindfulness seed is aware about what is happening.
The more practise, the more we have mindfulness seeds.
Meditation is easy as long as we know what we are doing.
The more we practise, the more mindfulness grows, concentration about thing sin daily lifes grows. 

Present moment is a foundation of future moment, building future, a foundation for everything.
Embrace the practise and bring it home. Ourselves is land to practise.

PS from brother and sister :
Each step in mindfulness for brother and sister. Keep awareness alive and we are in touch through practise in present moment.   


 
 


No comments:

Post a Comment